Sekolah Negeri tak Sanggup Tampung Siswa Baru

 

TOPRIAU.COM, PEKANBARU - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Pekanbaru tidak bisa menjamin siswa tempatan bisa lolos seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di sekolah yang masuk dalam zonasi.

Sebab siswa yang akan masuk ke sekolah negeri cukup banyak dan membludak. Sehingga masing-masing sekolah terpaksa harus melakukan sistem perengkingan berdasarkan nilai tertinggi.

"Kalau nilai anaknya tidak mencukupi, gimana kita mau memasukkanya," ungkap Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Pekanbaru, Mujailis, Jumat (6/7).

Dikatakan Mujailis, meski siswa yang akan mendaftar tersebut adalah siswa tempatan dan masuk dalam zonasi sekolah, tidak ada jaminan bisa diterima pihak sekolah.

Karena siswa tempatan yang akan masuk ke sekolah yang sama jumlahnya cukup banyak. Sehingga terpaksa dilakukan seleksi dengan cara melakukan perengkingan.

"Daya tampung sekolah negeri itu kan terbatas, makanya dirangking berdasarkan nilai tertinggi. Kalau sekolah itu, masih mencukupi daya tampungnya, tidak perlu lagi pakai seleksi.

Tapi karena daya tampungnya penuh dan jumlah anak yang mendaftar cukup banyak, maka dilakukan perengkingan," ujar Mujailis .