Jumat, 19 Oktober 2018

“Coming Soon! Asah Kemampuan Saintis dalam Pekan Raya Biologi 2019”

 

PEKANBARU – Pendidikan memiliki peran sentral dalam kehidupan dan peradaban manusia. Gobalisasi  menuntut revolusi dalam pembaharuan pendidikan. Pengetahuan bukan lagi satu-satunya kebutuhan untuk menjadi sukses. Soft skill yang meliputi kemampuan personal dan intepersonal kini menjadi kebutuhan dasar untuk dikuasai.

Sebagai calon guru yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa, para mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau senantiasa untuk meningkatkan budaya berprestasi. Hal ini bertujuan untuk menciptakan generasi yang berkarakter saintis dan mampu mengasah soft skill yang dimiliki melalui cabang-cabang perlombaan.

Untuk itu, setelah sukses dengan PRB 2018 lalu, Pekan Raya Biologi (PRB) hadir kembali untuk para calon saintis muda yang siap berlomba dan mengasah kemampuan di ajang yang bergengsi ini.

PRB merupakan metamorfosis dari Olimpiade Sains Biologi (OSB) SMP-SMA se-Riau yang secara rutin diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UR setiap tahunnya. Ajang ini menguji kemampuan akademik siswa SMP-SMA dalam bidang biologi. Dalam perkembangannya, ajang bukan hanya menguji kemampuan kognisi dan praktik siswa SMP-SMA, tetapi juga menampilkan karya kreatif siswa dalam berbagai bidang terkait dengan biologi.

Agenda yang mencakup wilayah se-Riau dan Kepulauan Riau ini menyajikan serangkaian  perlombaan, seperti: Uji Kompetensi Tertulis (SMP-SMA); Uji Kompetensi Laboratorium (SMP-SMA); Cepat Tepat (SMP-SMA); Bio Expo School Competition (SMP-SMA); Mading 3D (SMP-SMA); Fotografi (SMA); Lomba Karya Tulis Remaja dan Poster Ilmiah (SMA); Melukis (SMP); Melukis tingkat SMA dan Fotografi tingkat Mahasiswa; serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional tingkat mahasiswa se-Indonesia.

PRB 2018 lalu melahirkan juara di tiap lomba yang diberikan. SMP Dharma Yuda Pekanbaru meraih juara umum untuk tingkat SMP, sedang juara umum di tingkat SMA diraih oleh SMA Dharma Loka Pekanbaru. Tahun lalu lebih dari 1000 peserta antusias mengikuti ajang perlombaan pada PRB 2018.

Pekan Raya Biologi akan berlangsung pada Januari 2019 mendatang dimana mencakup peserta tingkat SMP dan SMA se-Riau dan Kepulauan Riau serta mahasiswa seluruh Indonesia yang akan dilaksanakan di beberapa tempat, seperti Gedung Aula Serba Guna, ruang kelas, dan ruangan Micro Teaching.

Ketua Prodi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Riau, Dr. Hj. Evi Suryawati, M.Pdmenuturkan bahwa pendidikan merupakan unsur paling esensial dalam kehidupan, sehingga perlu dilakukan upaya peningkatan kualitas dan inovasi untuk terus mengembangkannya agar mampu mencapai tujuan dari pembangunan Indonesia berkelanjutan.

Para panitia sedang menyusun serta mengoptimalkan cangkupan perlombaan yang lebih luas dari tahun-tahun sebelumnya. “Setiap tahun kita selalu upayakan sesuatu yang baru, kita ingin cangkup PRB ini bisa sampai nasional,” harap Eko Destiranda selaku ketua PRB 2019. Ekojuga menuturkan bahwa saat ini seluruh panitia tengah mempersiapkan secara penuh konsep acara yang akan digunakan untuk PRB 2019 nanti.

“Kita ingin berikan yang terbaik, karena ini juga membawa nama kampus khususnya Program Studi Pendidikan Biologi,” ujar Eko.Stand pendaftaran untuk PRB 2019 akan segera dibuka bulan September nanti. Eko berharap tahun ini antusias dari peserta jauh lebih besar daripada tahun lalu.

Akan banyak ilmu yang kamu dapatkan di Pekan Raya Biologi 2019. Ayo persiapkan dirimu untuk Januari mendatang! Buktikan bahwa kamu adalah scientist muda Indonesia! (rsl)