Minggu, 19 November 2017

Paslon Pilkada Pekanbaru Diadu Dalam Debat 3 Jam pada 4 Februari

TOPRIAU, PEKANBARU - Sesuai dengan aturan dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia, pada pelaksanaan pemilihan umum, ada agenda debat untuk pasangan calon (paslon). Khusus pelaksanaan debat kandidat lima calon Walikota dan Wakil Walikota Pekanbaru telah disepakati yaitu hari Sabtu tanggal 4 Februari 2017.

Hal itu dikatakan oleh Ketua KPU Kota Pekanbaru, Amiruddin Sijaya kepada wartawan, di ruang kerjanya, Senin (30/1/2017). "Setelah dirundingkan, akhirnya jadwal debat kandidat dan kampanye umum dilakukan dalam waktu berdekatan. Selisih dua hari saja. Tepatnya untuk debat dijadwalkan 4 Februari. Sedangkan kampanye rapat umum pa­da  6 sampai 10 Februari mendatang," ungkapnya.

Dari jadwal yang tertera dalam PKPU, waktu yang diberikan untuk debat kandidat berlangsung dari Oktober hingga Februari, yaitu pada tanggal 29 Januari 2017 lalu hingga 11 Februari 2016. Meski rentang waktunya cukup panjang, KPU meyakini pada 4 Februari 2017 nanti adalah jadwal yang tepat.

"Ya hari Sabtu 4 Februari kita akan mengundang kelima pasang calon walikota dan wakil walikota Pekanbaru untuk mengadakan debat kandidat. Kita mau agar debat ini benar-benar berkualitas, karena debat hanya sekali dengan durasi 3 jam," ungkap Amiruddin.

Namun sebelum itu, KPU Kota Pekanbaru dalam waktu dekat akan mengundang LO masing-masing calon untuk menjelaskan bagaimana materi atau kisi-kisi dari debat itu."Insya Allah Kamis besok kita akan undang LO masing-masing calon untuk menjelaskan bagaimana kisi-kisi dari materi debat, dan mudah-mudahan juga besok itu kita sudah merumuskan secara detail bagaimana jalannya debat kandidat supaya ini bisa betul-betul berkualitas," katanya.

Amiruddin juga mengatakan, tujuan dari debat kandidat calon walikota dan wakil walikota Pekanbaru ini semata-mata bukan untuk menjatuhkan masing-masing calon, tetapi memberi kesempatan untuk kepada calon menyampaikan visi misi kepada publik.

"Debat ini bukan untuk menjatuhkan satu sama lain, tetapi dengan debat kandidat terbuka ini bisa menjadi sumber imformasi yang valid, program, dan penyampaian visi misi yang jelas kepada masyarakat," tambahnya.

Sebagaimana diketahui, Pilwako Pekanbaru akan berlangsung pada 15 Februari 2017. Akan ada lima pasangan calon walikota dan wakil walikota Pekanbaru yang bertarung dalam pesta demokrasi rakyat ini.

Kelima pasangan yakni Syahril-Said Zohrin, Herman Nazar- Defi Warman, Firdaus- Ayat Cahyadi, Ramli-Irvan dan yang terakhir yaitu, Dastrayani Bibra- Said Usman Abdullah. (kbrn/sab)