Minggu, 19 November 2017

Forkompimda Kampar Tinjau PSU di TPS 03 Desa Kumantan

TOPRIAU, BANGKINANG -  Kamis (16/2/2017) pagi, Forkopimda Kampar terdiri dari Pj. Bupati Kampar Syahrial Abdi Ap, MSi, Kapolres Kampar AKBP Edy Sumardi Priadinata SiK serta Dandim 0313/ KPR Letkol Kav Yudi Prasetyo SiP meninjau pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) di TPS 03 Desa Kumantan Kecamatan Bangkinang Kota.

Pemungutan Suara Ulang ini dilakukan karena adanya pelanggaran Pilkada oleh ketua KPPS yang melakukan pencoblosan ganda dengan alasan mewakili suara istri dan anaknya yang berhalangan hadir karena sedang melaksanakan umrah.

Kejadian ini kemudian dilaporkan oleh PPL ke Panwascam dan diteruskan ke Panwaslu Kampar, selanjutnya setelah dilakukan pembahasan bersama oleh pihak-pihak terkait diputuskan untuk menghentikan pemungutan suara di TPS tersebut dan mengadadakan Pemungutan Suara Ulang pada hari ini Kamis (16/2) dan mengganti Ketua KPPS serta memindahkan TPS ke lokasi yang lain yang berdekatan.

Untuk penanganan pelanggaran Pilkada ini, pihak Panwaslu Kampar telah berkordinasi dengan Sentra Gakkumdu untuk proses hukumnya.

Saat pengecekan oleh rombongan Forkopimda Kampar ini, pelaksanaan pemungutan suara di TPS 03 Desa Kumantan ini masih berlangsung dan tampak partisipasi masyarakat masih tinggi untuk mengikuti PSU ini, suasananya juga tampak tenang dan santai serta tidak tidak pengaruh atas penundaan pemungutan suara ini bagi masyarakat.

Kapolres Kampar yang hadir dilokasi ini menyempatkan diri untuk bertatap muka dengan anggota KPPS dan memberikan arahan agar melaksanakan tugas dengan disiplin dan penuh rasa tanggungjawab.

Kapolres juga berdialog dan bersilaturahmi dengan warga masyarakat yang hadir untuk melakukan pemungutan suara, sembari menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan masyarakat dengan terselenggaranya Pilkada Kampar yang aman dan damai.

Masyarakat juga menyampaikan apresiasinya kepada aparat keamanan dari jajaran Polri, TNI, Jajaran Pemda serta pihak terkait lainnya melalui Kapolres Kampar, yang telah bekerja ekstra untuk mengamankan semua tahapan Pilkada Kampar ini.

Rombongan Forkopimda Kampar meninggalkan lokasi PSU ini sekitar pukul 10.15 wib dan semua rangkaian kegiatan peninjauan berjalan dengan aman dan lancar. (nto/tr)