Jumat, 22 September 2017

Pasca Liburan Lebaran, Komisi A DPRD Riau Sidak ke Berbagai OPD

TOPRIAU,PEKANBARU - Pasca libur panjang usai hari raya Idul Fitri 2017, Komisi A DPRD Provinsi Riau melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke beberapa Organisasi Pemerintah Daerah (OPD)  atau mitra kerja di lingkungan pemerintah Provinsi Riau.

 

Sidak ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi A DPRD Riau, Taufik Arrahman bersama Yusuf Sikumbang mengatakan sidak ini dilakukan dalam rangka menjalankan fungsi pengawasan terhadap kinerja ASN dan mitra kerja komisi A.

 

"Tadi kita sidak ke beberapa mitra kerja seperti Satpol PP Riau, BKD, Biro Aset, Dinas Pendidikan, RSUD Arifin Achmad dan BP2T," kata Taufik. Senin (3/7)

 

Selanjutnya, dalam sidak ini Komisi A DPRD Provinsi Riau melihat secara keseluruhan tingkat kehadiran pegawai dan ASN di beberapa mitra kerja tersebut telah baik. Ditambah lagi dengan adanya sistem absen menggunakan elektronik, sehingga tidak ada pegawai yang menitipkan absen.

 

"Sesuai catatan kami dan sesuai instruksi gubernur juga, bahwa setiap OPD itu harusnya sudah mempunyai sistem untuk absensi yaitu finger print. Memang ada di beberapa OPD yang belum memaksimalkan, itu yang kita minta untuk ditingkatkan," ungkap Taufik usai sidak tersebut.

 

Sementara itu, Politisi Partai Gerindra menjelaskan, tujuan dari sistem tersebut adalah menghindari kecurangan atau titip-titipan absensi dari oknum pegawai.

 

"Akan tetapi sejauh ini, kami memberikan apresiasi kepada BP2T karena dari cara mendata pegawainya dan contohnya lagi, di lapangan pun saat upacara mereka bisa mengabsensi secara sistem, jadi ada fortable finger print mereka bisa bawa," harap Taufik.

 

Anggota DPRD Provinsi Riau Dapil Kota Pekanbaru ini menginginkan semua Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Provinsi Riau proses kepegawaian tercatat dengan baik. "Bahkan jika yang sakit tetap dibuat sakit dan yang izin juga begitu. Ini untuk meningkatkan kinerja dan kuaitas ASN pemrov Riau," tutupnya. (TR/GP)