Amankan KPU Riau Polsi "Bentrok" dengan Pengunjukrasa

TOPRIAU, PEKANBARU - Sekelompok massa dari salahsatu pasangan calon atau paslon melakukan  aksi unujrasa di kantor Komisi Pemilihan Umum(KPU) Riau. Mereka menuntut dilakukan pemungutan suara  ulang karena terindikasi terjadi kecurangan. Namun aksi tersebut dihadang aparat kepolisan dan berakhir dengan bentrok. Aksi bentrok tersebut merupakan simulasi pengamanan pilkada yang digelar oleh Polda Riau

Dalam simulasi yang digelar di Kantor Sekolah Kepolisian (SPN ) di Jalan Patimura Pekanbaru ini, terlihat sejumlah pengunujk rasa denga penuh amarah mendatangi kantor KPU Riau. Mereka mendesak pihak KPU berlaku adil karena telah terjadi kecurangan terhadap paslon mereka.

Namun aksi tersebut dihadang oleh tim aparat kepolisian di pintun pagar masuk KPU. Upaya negosiasi dilakukan oleh tim sabara Polda Riau. Namun pihak pendemo tidak  menggubris dan memaksa masuk untuk bertemu langsung dengan pihak KPU Provinsi Riau.

Karena situasi  semakin memanas dan negosiasi tidak menemukan solusi, akhirnya pengmanan di gedung KPU Riau ditingkatkan dengan cara menurunkan tim dari Brimobda Riau. Meskipun pengamanan dilakukan secara berlais, namun pihak pengunjukrasa terus memaks masukmenyampai aspirasi mereka.

Akhirnya bentrrokan tidak terhindarkan pasukan anti hura hara ini, memukul mundur pihak pendemi. Bahkan mobil water canon dikerahkan untuk mengusir massa. Setelah beberapa waktu berselang, akhirnya para pendemo berhasil diusir dan bentrokan bisa dikendalikan.

Menurut Ketua KPU Riau, Nurhamin simulasi ini merupakan bentuk penguatan penyelenggarakan pilkada di Provinsi Riau dengan melibatkan pihak pihak terkait terutama pihak kepolisian agar pilkada bisa berlangsung dengan baik dan terkendali.

Sementara itu, Kapolda Riau, Irjen Pol Nandang mengatakan, Polda Riau menargetkan pilkada di Provinsi Riau berjalan dengan aman dan lancar, sehingga tidak ada gangguan keamanan.

Pelaksanaan pilkada di Provinsi Riau sendiri berpotensi terjadinya kecurangan dan  kerawanan karena secara geofrafis posisinya terdiri dari pulau pulau dan sangat sulit terjangkau. (TR/Rul-Mad)