Minggu, 25 Pebruari 2018

Simulasi Pengamanan Pilkada, Ratusan Polisi Antisipasi Kerusuhan

TOPRIAU, PEKANBARU - Kerusuhan bermula dari seorang warga tempatan yang tidak terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (dpt) akibat kerusuhan itu merugikan salah satu pasangan calon sehingga membuat puluhan massa melakukan unjuk rasa ke kantor KPU Dumai. Beruntung aksi massa tersebut, tidak sempat meluas setelah ratusan personil pengamanan dari Polores Dumai diterjunkan. Aksi ini merupakan salahsatu adegan bentuk simulasi pengamanan pilkada 2018 yang akan dilaksanakan di Kota Dumai. 

Dalam adegan simulasi yang digelar Polres Dumai di halaman Purna MTQ Kota Dumai ini, diikuti 400 personil dari semua kesatuan di Polres Dumai.Setiap adegan yang diperankan personil tersebut, mencerita konflik pilkada disebabkan kekeliruan DPT yang merugikan salah satu pasangan calon.

Dalam adegann itu juga terjadi aksi demo dari pasanngan calon yang tidak terima atas kekeliruan tersebut, sempat terjadi mengerahan massa aksi yang dihadang personil pengamanan dari Polres Dumai yang melaksanakan tugas pengamanan pilkada.

Kepolisian mengerahkan pasukian anti huru hara dibantu mobil water canon untuk menghalau massa aksi yang mulai mengarah anarki. Beruntung aksi tersebut tidak sampai meluas dan dapat langsung diantisipasi.

Simulasi pengamanan yang digelar Polres Dumai ini, untuk mengantisipasi pilkada di Dumai jika terjdi kerusuhan.  Polres Dumai sudah mempersiapkan semua peronil mulai dari tingkat polsek hingga polres  secara keseluruhan menghadapi segala kemungkina yang terjadi.

" Kami telah memepersiapkan semua kemungkinan yang terjada dalam menghadapi pilkada 2018 yang juga dilaksanankan di Dumai" jelas Kabag Ops Polres Dumai, Kompol Ringo Ringo.

Untuk pilkada 2018 ini, personil Polres Dumai yang diterjunkan untuk pelaksanaan pengamanan sebanyak 400 personil dari semua kesatuan tingkat polsek dan polres. Diharapkan pilkada 2018 dapat berjalan dengan lancar dan aman tidak ada terjadi konflik dan semua pasangan calon ikut menciptakan kondisi tersebut. (Dekatra)