Awasi Verifikasi Keanggotaan Partai Gerindra Pekanbaru, Berlangsung Kooperatif dan Terpenuhi

TOPRIAU,Pekanbaru - Verifikasi keanggotaan partai Politik Gerindra ini dilakukan didahului dengan verifikasi kepengurusan oleh Komisioner KPU Kota Pekanbaru bersama Panwaslu Kota Pekanbaru pada hari yang sama.

Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kecamatan (Panwaslucam) Sukajadi, turut melakukan pengawasan verifikasi keanggotaan Partai Gerindra yang dilakukan oleh KPU Kota Pekanbaru di Jalan Bangau, Kelurahan Kampung Melayu Kecamatan Sukajadi Kota Pekanbaru, Rabu (31/1).

Dalam verifikasi keanggotaan, Parpol Gerindra Kota Pekanbaru yang diketuai oleh Esweli dan didampingi sekretaris, Boyke Amri,SH bersama jajaran kepengurusan menghadirkan 46 anggotanya yang terdaftar di SIPOL KPU untuk didata keabsahan datanya seperti KTP elektronik serta Kartu Tanda Anggota (KTA).

Hal tersebut disampauikan Ketua Panwaslucam Sukajadi, Abuzar,SH menyampaikan, bahwa verifikasi dilakukan setelah keluarnya putusan MK Nomor 53/PUU-XV/2017 yang mengharuskan semua partai politik baik lama maupun baru dilakukan verifikasi.

"Kita mengawasi pelaksanaan verifikasi usai turunnya putusan MK Nomor 53/PUU-XV/2017. Adapun pihak yang melaksanakan verifikasi adalah KPU sebagai lembaga penyelenggara pemilu dan kita yang mengawasi pelaksanaannya. Sinergi ini tetu satu kolaborasi yang baik agar tercapainya pemilu yang berintegritas dan dapat dipertanggungjawabkan secara sah didepan hukum," katanya.

Selain itu, sempat terjadi perbedaan pendapat dan sanggahan kecil dari partai Gerindra kepada KPU, karena banyak anggotanya yang dilampirkan pada tahap pertama untuk diverifikasi ternyata tidak terdaftar di SIPOL KPU. Namun dapat ditengahi dan disepakati bersama KPU dilanjutkan usai Ketua Panwaslucam Sukajadi Abuzar,SH,  memberikan kepastian bahwa Partai dapat menghadirkan anggota pengganti asal terdaftar di SIPOL KPU dan memiliki KTA dan KTP elektronik.

Parpol Gerindra mendapat kepastian seperti itu bergerak sigap dan segera berkoordinasi untuk dapat menghadirkan anggota pengganti yang memenuhi syarat.

Usai verifikasi, pihak KPU yang diwakili, Budi Mustika, menyatakan bahwa partai Politik Gerindra sudah dapat memenuhi kuota keanggotaan 5% (lima persen) sampel untuk diverifikasi yaitu 46 anggota yang disyaratkan dari 907 jumlah anggota yang terdaftar di SIPOL KPU.

Panwaslucam Sukajadi yang hadir lengkap dalam verifikasi yaitu Abuzar, SH, Asri Ramadhan, SH dan Untung Surapati, S.I.Kom juga sepakat bahwa tidak ada persoalan dalam verifikasi yang dilakukan, dan dapat diterima keabsahan baik KTA maupun KTP elektronik yang dilampirkan. (TR/Rilis)