Senin, 20 Agustus 2018

Jumlah Kursi di DPRD Pekanbaru Tetap 45 Anggota, Meski Dapil Bertambah

TOPRIAU, PEKANBARU - Setelah beberapa kali melakukan rapat internal maupun bersama dengan stakeholder, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru akhirnya menetapkan serta pengusulan penambahan daerah pemilihan (dapil) untuk Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 kepada KPU Riau.

Meski dapil di Pekanbaru bertambah jumlahnya hal ini tidak dibarengi dengan penambahan kursi di DPRD Pekanbaru. Artinya jumlah kursi di DPRD Pekanbaru masih tetap 45 anggota seperti pemilu sebelumnya.

Seperti yang disampaikan Komisioner KPU Pekanbau Mai Andri, bahwa penambahan dapil ini dilakukan agar penyebaran kursi lebih merata tiap dapil. Selain itu menurut UU nomor 7 tahun 2017, maksimal hanya 12 kursi sehingga perlu ada penambahan dapil di Pekanbaru.

Perubahan dapil ini dilakukan dengan cara memecah dapil V sebelumnya yang mencakup Tampan dan Payung Sekaki. Sehingga Tampan menjadi dapil sendiri dan Payung Sekaki digabung dengan Senapelan. "Kita mengeluarkan Senapelan dari Dapil I dan menggabungkan ke Dapil V karena Senapelan dan Payung Sekaki memang mempunyai hubungan yang dekat," sebut Mai.

Mai juga mengatakan bahwa bahwa untuk kursi DPRD, Pekanbaru tetap masih sama. Karena jumlah pemilih Pekanbaru 886.226 orang. "Untuk bisa bertambah lima kursi lagi, pemilih Riau harus lebih dari satu juta pemilih," ujarnya.

Berikut daftar dapil yang disepakati dan diusulkan KPU Pekanbaru untuk Pileg 2019.

1. Dapil I (Sukajadi, Pekanbaru Kota, Limapuluh) 6 kursi.
2. Dapil II (Rumbai, Rumbai Pesisir) 7 kursi
3. Dapil III (Sail, Tenayan Raya) 7 kursi
4. Dapil IV (Bukit Raya, Marpoyan Damai) 11 kursi
5. Dapil V (Senapelan, Payung Sekaki) 6 kursi
6. Dapil VI (Tampan) 8 kursi
Total kursi seluruhnya 45 kursi.(TR/MCR)