DPRD Riau Sahkan Pajak Pertalite, Turun 5 Persen

TOPRIAU,PEKANBARU - DPRD Riau menggelar Rapat Paripurna pengesahan Hasil Kerja Pansus Revisi Kedua Perda Pajak Daerah. Rapat ini dipimpin langsung Wakil Ketua DPRD Riau Sunaryo dan dihadiri 46 orang Anggota DPRD yang hadir.

Dalam rapat ini dihadir langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau Ahmad Hijazi dan turut hadir perwakilan mahasiswa dari beberapa universitas di Riau. Kedatangan mereka merupakan bagian dari pengawalan upaya penurunan pajak pertalite yang dituntutnya sejak beberapa waktu yang lalu.

Rapat ini juga untuk menyampaikan hasil kerja Pansus Revisi Pajak Daerah dan disampaikan oleh Anggota Pansus, Soniwati, yang menyampaikan beberapa hasil kerja pansus selama tujuh hari.

"Penurunan pajak Pertalite ini adalah jawaban atas tuntutan masyarakat. Makanya kita menggesanya dalam waktu tujuh hari," kata Soniwati.

Politisi PDIP ini menjelakan, pansus sudah bekerja mengumpulkan data dan informasi kepada Pertamina, Pemprov Riau dan pihak terkait lainnya untuk menurunkan pajak. Akhirnya setelah rapat akhir Senin lalu, pansus sepakat menurunkan pajak sebesar 5 persen.

"Penurunan pajak ini sudah melalui banyak pertimbangan. Salah satunya kebutuhan masyarakat yang tinggi atas pertalite namun daya beli yang masih rendah," sebut Soniwati.

Sementara itu, Sekdaprov Riau mewakili Plt Gubernur mengatakan, bahwa proses revisi perda yang dijalankan saat ini merupakan sikap positif menyikapi aspirasi rakyat. Ia mengatakan saat ini pertalite memang menjadi solusi bagi seluruh masyarakat, saat premium sulit didapat.

"Kita juga apresasi DPRD Riau yang sudah bertungkus lumus melakulan revisi perda melalui pansus sehingga saat ini bisadisahkan," tutup Ahmad. (TR)

Sumber; cakaplah.com