Senin, 24 September 2018

KPU Riau Goes To Campus, Sosialisasi Pilgubri di Unilak

TOPRIAU,PEKANBARU - Dalam mensukseskan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 27 Juni 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mengadakan sosialisasi dengan tema 'KPU Riau Goes To Campus' di Universitas Lancang Kuning (Unilak).

Hadir dalam sosialisasi ini ketua KPU Dr.Nurhamin, Komisioner KPU Riau Abdul Hamid, Wakil Rektor I Unilak Dr. Junaidi, Wakil rektor II Erminasari STP Msc, Wakil rektor III Unilak Dr.Eddy Asnawi, dosen dan diikuti lebih dari 100 mahasiwa Unilak.

Komisioner KPU Riau abdul Hamid, menyebutkan dalam sosialisasi Pilgubri di lingkungan kampus di Riau ada 10 Universitas dilibatkan, pertama itu ada di Unri, dan Unilak adalah sosialisasi.

"Kita ingin meningkatkan partisipasi di kalangan pemilih pemula dan itu ada di lingkungan kampus dan SLTA, berdasarkan data, jumlah pemilih pemula jumlahnya besar, dan kita ingin mereka tidak golput, dan turut serta memilih karena satu suara menentukan" katanya. Selasa (17/4).

Selanjutya, Ketua KPU Dr.Nurhamin mengatakan, KPU Riau dan kabupaten/kota cenderung mendorong pemilih cerdas dan pemilih berkualitas, pemilu bagian penting dalam  penguatan sebuah negara demokrasi.

KPU juga mengajak untuk mensukseskan pemilihan gubernur dan wakil gubernur. Sosialisasi di kampus Unilak, Nurhamin juga mensosialisasi moto KPU BERPANTUN yaitu bersih, partisipasipatif, adil dan santun.

"Santun ini nilai yang sangat tinggi.kesantunan jika sudah bergeser kepada negara negara maju,tata kelola negaranya sangat teratur,jika kita beralih ke individual maka santun lebih di nilai," ungkap Nurhamin.

Diakhiri sambutan Nurhamin berharap, hubungan yang baik antara Unilak dan KPU Riau kedepannya dapat terus bekerjasama.

Ditempat yang sama Wakil Rektor III Unilak Dr.Eddy Asnawi menyebutkan, bersama dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur terpilih pemimpin yang betul-betul memperjuangkan aspirasi dan kedaulatan rakyat,dan sosialisasi ini juga memperbesar tingkat partisipasi pemilih.

"Kampus Unilak memberikan dukungan kepada KPU. Mahasiswa yang ada di Unilak banyak pemilih pemula, jumlah mahasiswa Unilak hampir 12.000 orang dan punya potensi besar dari segi jumlah suara," Ujar Eddy Asnawi.

Acara sosialisasi diisi dengan dialog  dan  pemaparan  dari narasumber yaitu Ketua KPU Dr.Nurhamin, komisioner KPU Abdul Hamid dan dosen Unilak Alexander Yandra. Diskusi diisi dengan tanya jawab. (TR/Rls)