Jumat, 16 November 2018

Embarkasi Antara tak Selesai, Pemprov Salahkan Kemenag Riau

TOPRIAU.COM, PEKANBARU - Wakil Gubernur Riau, H Wan Thamrin Hasyim menuding Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau menjadi dalang belum disetujuinya Embarkasi Haji Antara di Riau oleh Menteri Agama, Lukman Hakim.

"Terus terang yang bermasalah itu Kanwil Kemenag. Saya terus terang saja, kalau mau marah, marah lah sama saya. Saya menuding Kanwil Kemenag Riau yang bermasalah," ungkap Wan Thamrin kepada CAKAPLAH.com, Senin (25/6/2018) dengan nada kesal saat tinjau Embarkasi Antara bersama Deputi Pendidikan dan Agama PMK, Agus Sartono.

"Jadi saat Menteri Agama mengirim utusan ke Riau yang mendampingi itu Kanwil Kemenag mencari kekurangan-kekurangan. Katanya 30 bus dari Kampar tidak bisa masuk, kenapa pula  bus dari Kampar masuk, yang tidak-tidak saja," tegasnya dengan logat Melayu Bagan. 
Menurutnya kalau saja saja Kanwil Kemenag Riau memberikan informasi dan masukan terbaik kepada Menteri Agama, maka sudah dipastikan izin Embarkasi Antara Riau selesai.

"Kita sudah lakukan simulasi untuk bus, dan polisi mengatakan oke. Termasuk untuk gudang, Angkasa Pura sudah oke. Katanya tidak ada dapur umum, kita pakai catering. Sekarang alasannya malah waktu terlambat," cakapnya. 
Lebih lanjut Wan Thamrin mengatakan untuk bus yang menjemput jemaah di Embarkasi Antara terlebih sudah dilakukan simulasi dengan Satlantas Polresta Pekanbaru.

Karenanya, Wan Thamrin akan berangkat ke Jakarta melakukan rapat soal Embarkasi Antara Riau. Sebab jika embarkasi tidak jadi dilaksanakan tahun ini, maka biaya transportasi jemaah yang telah dialokasikan di APBD akan hangus.

"Semua ini Kanwil Agama yang salah. Kalau dia mau tuntut saya tuntut lah, saya siap kok. Dia yang bermasalah, kan embarkasi ini sudah diwacanakan dari 2016, katanya baru dari mana pula baru," tukasnya. Cko