Keuangan Menipis, Pemprov Keteteran Jalankan Program

TOPRIAU.COM, PEKANBARU - Pemerintah Provinsi Riau terus mematangkan rencana melakukan rasionalisasi anggaran. Hal itu dilakukan untuk menyesuaikan dengan kemampuan anggaran terhadap program-program prioritas yang telah disusun di Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Rencana proses rasionalisasi ini sejatinya memang sudah disosialisasikan sejak jauh-jauh hari. Hal itu juga nantinya akan dibahas bersama Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau.

Asisten II Setdaprov Riau Masperi menilai, hal itu tentunya perlu pembahasan lebih lanjut. Hal itu juga telah dikoordinasikan saat menyampaikan hasil perhitungan silpa APBD 2017 sebanyak Rp58 miliar.

"Langkah koordinasi juga terus kita lakukan. Jika jumlah tersebut akan dikaji dan dibahas oleh DPRD untuk disetujui. Jika disetujui, maka akan ada rasionalisasi sebesar perkiraan silpa. Nantinya akan dikurangi Silpa hasil perhitungan nanti," tuturnya belum lama ini.

Poin tersebut menjadi perhatian karena adanya perbedaan porsi silpa dari anggaran di akhir tahun 2017 lalu. Untuk itu perlu adanya rasionalisasi pada anggaran tahun ini untuk disesuaikan dalam menjalankan program-program daerah.

Kendati demikian, diharapkan proses rasionalisasi yang dilakukan tidak menghambat program-program strategis pemerintah. Khususnya yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dan pelayanan publik. Rso