PKS Daftarkan Bacalegnya ke KPU Pekanbaru

TOPRIAU,PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru mengatakan, baru satu Partai Politik PKS yang datang mendaftarkan Bakal Calon Anggota Legislatif (Bacaleg) untuk ikut Pileg 2019.

"Sejak dibuka pendaftaran 4 Juli 2018,  hari ini baru PKS mendaftarkan Bacalegnya ke kita," kata Ketua Divisi Teknis KPU Kota Pekanbaru Mai Andri. Kamis (12/7)

Selanjutnya, Mai Andri menyatakan, pihaknya tidak banyak tahu apa alasan Parpol hingga kini belum juga mendaftarkan Bacalegnya ke KPU padahal masa pendaftaran akan berakhir 17 Juli 2018. Selain itu, tenggat waktu ini masih cukup untuk Parpol mengantarkan berkas pendaftaran Bacaleg, sebab KPU akan buka pelayanan hingga pukul 24.00 di hari terakhir Selasa (17/7).

PKS saat tiba di KPU Kamis siang langsung diterima oleh empat Komisioner KPU Kota disaksikan oleh Komisioner Panwaslu Yasrif Y. Tambusai dan Rizqi Abadi untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan syarat berkas yang diwajibkan dalam pendaftaran.

"PKS sudah konfirmasi sebelumnya mau mendaftarkan Bacaleg pukul 13.30 WIB," kata Mai Andri.

Selain PKS, sejauh ini Parpol lain belum ada melakukan konfirmasi atau laporan kapan akan datang mendaftarkan Bacalegnya ke KPU. Namun demikian imbuh dia pihaknya selalu berjaga dan siap dengan pelayanan yang buka  setiap jam kantor kecuali hari terakhir.

"Biasanya hari terakhir yang penuh pendaftaran dan pelayanan tetap kita buka dari pukul 08.00 WIB hingga  pukul 16.00 WIB dan di hari terakhir hingga 24.00 WIB," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PKS Kota Pekanbaru Sofyan Siradj menyatakan, lega sudah mendaftarkan Bacalegnya. Ia juga mengaku bahwa semua syarat sudah terpenuhi dan diterima KPU.

"PKS merupakan partai pertama yang mendaftar ke KPU Kota Pekanbaru," ungkap Sofyan Siradj.

PKS mendaftarkan Bacalegnya pada enam daerah pemilihan (Dapil) yang tersedia di Pekanbaru, dengan keterwakilan perempuan terpenuhi 30 persen. Selain itu, Perlu diketahui untuk Pemilihan legislatif 2019 mendatang Pekanbaru akan memperebutkan 45 kursi DPRD. (TR)

sumber; antarariau.com