Pemenang Pemilukada Riau akan Diumumkan KPU Riau Hari Ini

TOPRIAU, PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau mempercepat jadwal pelaksanaan pleno penetapan pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur Riau pemenang Pemilukada Provinsi Riau tahun 2018.

Sebelumnya KPU menjadwalkan rapat pleno tersebut dilaksanakan pada tanggal 25 Juli 2018 menjadi Selasa (24/7/2018) sore. Hal ini menyusul dikeluarkannya rilis dari Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap daerah yang melaksanakan pilkada serentak tanpa sengketa.

"Sesuai dengan kesepakatan dan aturan, kita serentak mempercepat pleno besok tanggal 24 Juli bersama daerah lainnya yang tidak ada sengketa," ujar Ketua KPU Riau, Nurhamin, (23/7/2018).

Nurhamin menyebutkan, pengumuman tersebut sudah disampaikan MK pada hari ini. Pengumuman tersebut juga menjadi dasar bagi KPU Riau untuk menetapkan pemenang Pilgub Riau 2018.

Disampaikan Nurhamin lagi bahwa pleno nanti KPU Riau mengundang forkopimda yang ada beserta para paslon peserta pilgub. "Kita juga sampaikan undangan ke KPU RI soal pemindahan jadwal ini. Kita tetap mengharapkan ada komisioner yang hadir," ujarnya.

"Sedangkan untuk paslon selain paslon pemenang, kemungkinan tidak hadir karena ada kesibukan lain. Karena saat ini mereka tidak lagi dalam masa cuti," tambah Nurhamin.

Untuk kegiatan pleno sendiri tetap akan dilaksanakan di Hotel Aryaduta pada pukul 16.00 WIB. Kegiatan nantinya dilaksanakan secara terbuka dan bersifat nasional, tanpa menggunakan unsur adat.

"Kalau Adat Melayu nanti di kesempatan lain, untuk pleno besok kita laksanakan secara nasional saja," pungkas Nurhamin.(TR/MCR)