Jumat, 19 Oktober 2018

Presiden Lantik 9 Pasangan Kepala Daerah, Riau Masih Menunggu

TOPRIAU, PEKANBARU - Pagi ini, Presiden Joko Widodo lantik sembilan pasangan kepala daerah di Istana Negara, Jakarta. Lalu kapan giliran Riau?

Asisten I Setdaprov Riau Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Masyarakat Ahmad Syah Haroffie mengatakan, sesuai Akhir Masa Jabatan (AMJ) pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau yang saat ini dijabat Arsyadjuliandi Rachman dan Wan Thamrin Hasyim, yakni pada 19 Februari 2019 mendatang.

Hanya saja persoalannya, Andi Rachman (sapaan akrab Gubernur Riau) terlebih dahulu akan mengundurkan diri, karena ikut bertarung ke Senayan, Jakarta sebagai Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI melalui Partai Golkar.

Andi sendiri akan mundur nanti seiring ditetapkannya Daftar Calon Tetap (DCT) anggota DPR RI. Karena ini bagian syarat dari proses pencalonan menjadi wakil rakyat Riau di Jakarta.

"Memang hari ini ada 9 pasangan kepala daerah sudah dilantik Presiden Jokowi, sesuai AMJ. Kita masih menunggu. Tapi kita inikan masanya tidak berakhir, hanya mundur karena pak Andi, ikut menjadi Caleg DPR RI ke senayan," kata Ahmad Syah, Rabu (5/9/18).

Ada pun kebiasaan seperti disebutkan dalam undang-undang, jika nanti Andi Rachman mundur seperti yang sudah diatur dalam ketentuan pencalonan menjadi Caleg. Maka otomatis yang akan menggantikannya adalah Wakil Gubernur.

Namun apakah formatnya nanti Wan Thamrin akan melenggang duduk di kursi nomor satu dengan status Gubernur Riau penuh, Penjabat (Pj) atau hanya ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt).

"Kalau Gubernur Riau berhalangan tetap, maka Wakil Gubernur maju. Cuma kita belum tahu, formatnya belum tahu, apakah nanti jadi Gubernur penuh atau Pj atau Plt. Kalau undang undang Gubernur penuh. Inilah kita tunggu seperti apa," ujar Ahmad Syah.

Saat ditanya, apakah Pemprov Riau sendiri sudah berkomunikasi terkait hal ini ke pusat. Ahmad Syah, belum ada. Tetapi karena ini sifatnya murni kewenangan pusat, maka daerah hanya menunggu.

"Ndaklah, inikan sifatnya langsung dari pusat ke bawah. Kalau ada biasanya kita undang ikut rapat.

Seperti diketahui, pagi ini melantik sembilan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur terpilih di Istana Negara.

Sembilan pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur yang dilantik tersebut, yakni Sutarmidji dan Ria Norsan (Kalimantan Barat), Ali Mazi-Lukman Abunawas (Sulawesi Tenggara), Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman (Sulawesi Selatan).

Kemudian, Lukas Enembe dan Klemen Tinal (Papua), Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Jawa Barat), Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah (Sumatera Utara), Viktor Bungtilu Laiskodat-Josef Nae Soi (Nusa Tenggara Timur).(TR/MCR)