Pemilu 2019, Plt Gubernur Riau Ajak Masyarakat Hindari Politik Uang dan Sara

TOPRIAU, PEKANBARU - Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Riau Wan Thamrin Hasyim hadiri Deklarasi Kampanye Damai Serentak 2019, digelar di Jalan Cut Nyak Dien. Kegiatan ini juga dihadiri Ketua dan jajaran KPU dan Bawaslu Riau, para partai politik serta berbagai elemen yang hadir pada kesempatan ini.

Kemudian Ketua DPRD Riau Septina Primawati, Kapolda Riau Irjend Pol Widodo Eko Prihastopo, Danlanud Marsma TNI Ronny Irianto Moningka, serta berbagai pejabat lainnya yang tergabung dalam jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).

Pada kesempatan ini, Plt Gubri turut membubuhkan tanda tangannya sebagai bentuk dukungan dalam acara deklarasi kampanye damai serentak 2019 tersebut. Ada pun tagline yang diangkat pada deklarasi, yakni Pemilu Keren tanpa Politik Uang dan Sara dan Berita Hoax.

"Ini kali kedua saya menghadiri kampanye damai. Pertama saat Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri) kemudian Pemilu calon Presiden dan Wakil Presiden yang digelar pada 2019 nanti," kata Wan, Ahad (23/9/18).

Pada kesempatan ini, Wan yang baru menjabat sebagai Plt Gubri, menggantikan Arsyadjuliandi Rachman yang mundur karena ikut bertarung menjadi Calon Anggota Legislatif (Caleg) DPR RI dari Partai Golkar mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk mensukseskan tahapan Pemilu hingga terpilihnya calon Presiden dan Wakil Presiden yang baru nanti.

Kemudian Wan Thamrin juga mengajak menghindari politik uang, sara yang bisa mengakibatkan konplik antar warga termasuk tidak mudah terprovokasi dengan berita bohong. Deklarasi damai yang telah dilakukan pagi ini diharapkan dapat diikuti oleh masyarakat, dalam mencari pemimpin yang lebih berkualitas.

"Mari kita hindari politik uang, sara, berita hoax. Mari kita kawal. Jangan terbawa arus. Mudah mudahan Pemilu yang akan kita laksanakan nanti berjalan damai," ujar Wan.

Pada kesempatan ini, Plt Gubri beserta pejabat, KPU dan Bawaslu yang hadir menyempatkan dengan mensosialisasikan dengan membawa spanduk Deklarasi Kampanye Damai Serentak 2019, langsung ke jalan Sudirman yang kebetulan bertepatan dengan kegiatan Care Free Day (CFD). 'Longmarc' ini pun menjadi perhatian warga yang hadir.

Setelah kembali ke lokasi kegiatan deklarasi, kembali dilanjutkan dengan melepas burung merpati ke udara sebagai simbol perdamaian. (MCR/mtr)