Rabu, 20 September 2017

Andik, Bersepeda Kelilng Indonesia Diusia 73 Tahun

TOPRIAU, SIAK -  Usia boleh tua tapi semangat selalu muda kalimat itulah yang pantas disematkan pada Raden Andik Prawira, karena diusianya yang sudah menginjak 73 tahun dirinya ingin menaklukan Indonesia dengan cara bersepeda. Saat ini saja 28 provinsi daan 358 kabupaten kota yang sudang dikelilinginya.

Tidak hanya menakluk sejumlah wilayah di Indonesia namun pria berusia lanjut ini juga membawa misi mengkampanyekan menyelamatkan hutan dan pelestarian lingkungan.

Beberapa hari yang lalu dengan kondisi yang masih bugar Raden Andik  Jaya Prawira dengan mantap mengayuh sepedanya ketika memasuki Kota Siak di Provinsi Riau. Kota Siak merupakan daerah ke 358 yang diinjaknya dari 28 provinsi yang sudah dikelilingi pria tua yang memiliki semangat tinggi ini.

Pria yang akrab disapa kang andik ini, sudah menempuh perjalanan sepanjang 35 ribu kilometer semenjak bertolak dari kampung halamannya di Banten pada tanggal 16 September 2014 yang lalu.

Di kota "istana" ini, Raden Andik  Jaya Prawira selain disambut rekannya sesama alumni juga menyempatkan diri mengunjungi hutan mangrove sungai rawa di Kecamatan Sungai  Apit, Kabupaten Siak.

Bersama Bupati Siak Syamsuar, duta lingkungan hidup perwira rimba ini meresmikan kawasan Eco Tourism Hutan Mangrove sebagai tempat wisata  hutan bakau yang memberikan banyak manfaat bagi masyarakat dan lingkungan pantai,  dirinya juga ikut menanam pohon di daerah tersebut.

Pria yang berusia lanjut ini mengungkapkan, tujuan awal mengayuh sepeda mengelilingi Indonesia untuk bersilaturrahmi dengan  sesama alumnus sekolah kehutanan menengah atas sekaligus  sambil mengkampanyekan lingkungan hidup dan pelestarian hutan.

"Kita boleh pensiun dari pekerjaan tapi semangat untuk menyelamatkan hutan dan melestarikan lingkungan tidak boleh padan", ungkapnya bersemangat.

Kini, pria yang sudah pantas dipanggil kakkek ini, tinggal menyisakan delapan provinsi untuk menaklukkan seluruh wilayah Indonesia. Usia melintasi Provinsi Riau,  Andik akan melanjutkan perjalannya ke Sumatera Barat (Sumbar) dan berakhir di Provinsi Lampung.