Jumat, 13 Desember 2019

STQ Nasional Ke-XXV di Pontianak Kalbar Riau Raih 7 Besar

TOPRIAU, PONTIANAK - Kafilah Seleksi Tilawatil Quran (STQ) Provinsi Riau berhasil meraih posisi 7 besar pada ajang STQ Nasional ke-XXV Tahun 2019 yang diselenggarakan di Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar).

Sementara Juara Umum diraih Kafilah DKI Jakarta dengan 22 poin, yang disusul oleh Provinsi Banten dengan 15 poin, Provinsi Sumatera Utama (Sumut) dengan 12 poin, dan Sulawesi Tengah (Sulteng) dengan 11 poin.

Di posisi kelima, Tuan Rumah Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) bersanding bersama Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) dan Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dengan raihan angka 9 poin.

Pada posisi keenam, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) dan Provinsi Jawa Barat (Jabar) meraih 8 poin. Selanjutnya Provinsi Riau bersama Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) meraih posisi ke-7 dengan 6 poin.

Provinsi Papua Barat bersama Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) di urutan ke-8 dengan raihan 5 poin. Di posisi 9, Provinsi Jambi meraih 4 poin.

Melengkapi 10 besar, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) bersama Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Provinsi Lampung, dan Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) meraih 3 poin.

Hal tersebut diketahui pada saat penutupan STQ Nasional ke-XXV yang dihadiri oleh oleh Menteri Agama (Menag) RI Lukman Hakim Saifuddin yang didampingi oleh Gubernur Kalimantan Barat (Kalbar) Sutarmidji, Wakil Gubernur Ria Norsan, Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono, dan Wakil Wali Kota Pontianak Bahasan di Taman Alun-Alun Kapuas Pontianak, Jumat (5/7).

Sebagaimana diketahui, Kafilah Riau mengirimkan 2 wakilnya memasuki babak Final, yakni Bayu Wibisono Damanik dan Rizki Indah Lestari yang mengikuti perlombaan Tahfidz 10 Juz Putera dan Puteri di venue Mesjid Raya Mujahidin, Kamis (4/6) lalu.

Bayu yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) meraih Juara 2 Tahfidz 10 Juz Putera, sedangkan Indah yang berasal dari Kabupaten Siak juga meraih Juara 2 Tahfidz 10 Juz Puteri.

Selain Bayu dan Indah, Kafilah STQ Provinsi Riau juga meraih Juara Harapan antara lain: Nur Azima asal Kabupaten Kampar meraih Harapan 1 pada lomba Tahfiz 1 Juz Putri. Alfianti asal Kabupaten Bengkalis meraih Harapan 2 pada lomba Tahfiz 1 Juz Putri

Muhammad Anugrah Rizky asal Kota Pekanbaru meraih Harapan 2 pada lomba 500 Hadist Putra. Qifma Wardatul Jannah asal Kota Pekanbaru meraih Harapan 2 pada lomba 500 Hadist Putri. Serta Faoqul Halim asal Kota Dumai meraih Harapan 3 pada lomba Tahfiz 1 Juz Putra. TR/(MCR)