Selasa, 26 September 2017

Ibu Ini Pingsan Usai Pecahkan Giok Seharganya Rp500 Jutaan

TOPRIAU - Seorang perempuan paruh baya tergeletak pingsan, saat membuat kesalahan yang tak disengaja. Dia kaget setengah mati, saat barang yang dipecahkannya di sebuah toko perhiasan, ternyata memiliki banderol fantastis.

Cerita ini bermula, ibu-ibu itu tengah mencoba gelang batu giok di toko perhiasan di kawasan Kota Ruili, Yunnan, Tiongkok. Karena penasaran dengan giok-giok yang dipajang, perempuan itu memutuskan untuk mencoba dan memakaikan ke pergelangan tangannya.

Namun, tanpa disadari, gelang giok tergelincir dari tangannya hingga jatuh ke lantai. Akibatnya, gelang giok yang dicobanya pecah terbelah dua.

Dia sempat tak menunjukkan kepanikan. Sempat pula menyampaikan ke penjaga toko, dia akan bertanggung jawab. Sebab, memang ada aturan yang tertulis pada toko itu: Jika pecah, berarti Anda membelinya. Demikian seperti dilansir Shanghaiist, Jumat 30 Juni 2017.

Tahu dengan kondisi itu, si pemilik toko lalu menghampirinya dan meminta ganti rugi sebesar 300 ribu yuan, atau setara Rp589 juta. Panik mendengar harga yang disampaikan, detak jantung perempuan itu semakin kencang dan seketika ambruk pingsan. Pelanggan di sekitarnya seketika pula langsung menghampirinya.

Seorang pengunjung bahkan mencoba melakukan filtrik --sebuah metode tradisional China dengan menekan area tengah bibir atasnya-- untuk membangunkannya. Tetapi, meski kesehatannya masih bisa diselamatkan, namun dompetnya tentu dalam situasi yang lebih genting. Karena, si pemilik toko tak mau tahu menahu dan tetap memintanya membayar ganti rugi.

Setelah menelepon pihak keluarga, penawaran ganti rugi pun dilakukan. Pihak keluarga menawar giok akan dibayar dengan harga 70 ribu yuan, atau setara Rp137 juta. Tetapi, pemilik toko tetap saja tak menggubris penawaran, karena dianggap jauh dari harga modal. Sementara itu, seorang pengunjung lainnya mengatakan, harga gelang giok yang dijual toko itu terlalu mahal.

Sebab, harga di pasaran hanya sekira 180 ribu yuan, atau setara Rp350 jutaan. Usai kisahnya diunggah ke jagad maya, kabar ini pun langsung viral. Warganet mengeluhkan sikap tak empati pemilik toko. Bahkan, banyak warganet yang menyebut bila gelang giok itu sebenarnya berharga murah, tak lebih dari 30 yuan, atau setara Rp50 ribuan. (TR/VC)