Jumat, 17 November 2017

Wanita Terkaya di Dunia Ini Ternyata Pernah Dikeluarkan dari Sekolah

TOPRIAU - Zhou Qunfei kini dikenal sebagai miliarder wanita kaya terkaya di dunia. Zhou, pendiri Lens Technology,  yang membuat layar kaca untuk iPhone, langsung menjadi miliarder saat perusahaannya go public pada 2015.

Dilansir laman Bloomberg, perempuan berusia 47 tahun ini diperkirakan memiliki kekayaan hingga 9,2 miliar dolar dengan perusahaannya bernilai sekitar 11 miliar dolar.

Tapi siapa sangka, Zhou lahir dari keluarga yang sangat sederhana bahkan terbilang kurang mampu. Ia tumbuh di sebuah peternakan memutuskan keluar dari desa pada usia 16 tahun, saat dirinya masih duduk di bangku sekolah menengah.

Zhou memulai pekerjaannya dengan bekerja di pabrik untuk perusahaan jam, dan menghadiri kelas malam di bidang-bidang seperti akuntansi dan keselamatan kebakaran di Universitas Shenzhen.

"Saya memiliki mentalitas saat itu, sehingga saya hanya ingin tahu apakah Anda membayar saya, atau tidak. Saya memiliki motivasi yang berbeda dari yang lain, karena mereka semua berasal dari daerah pusat kota dengan uang tapi saya tidak memilikinya. Yang saya inginkan hanyalah mengubah takdir saya dengan usaha saya sendiri," kata dia.

Pada usia 22 tahun dan hanya dengan beberapa ribu dolar, dia mendirikan perusahaannya sendiri yang membuat lensa jam tangan pada tahun 1993.

Dia mengatkaan, selama periode pertumbuhan ekonomi China yang pesat, ada banyak peluang bagi pengusaha, termasuk wanita.

"Itu memungkinkan saya mengembangkan bisnis saya."

Dia menambahkan, ia tidak menyesal terjun dalam dunia bisnis. Di desa tempat dia dibesarkan, ia mengatakan bahwa anak perempuan tidak sering memiliki pilihan apakah akan melanjutkan sekolah mereka, dan akan menikah dan tinggal di tempat yang sama untuk seluruh hidup mereka. (TR/VC)