Selasa, 26 September 2017

Unik, Limbah Bisa Jadi Suplement Ternak ini Penjelasan Pengamat Lingkungan Riau

TOPRIAU, PEKANBARU - Limbah tidak selamanya menjadi barang yang tidak bermanfaat. Salah satunya dengan limbah perkebunan yang dapat diolah menjadi barang berkualitas dan memiliki nilai ekonomis.

Pengamat Lingkungan Riau Prof Tengku Dahril berhasil menemukan inovasi produk ramah lingkungan dari limbah. Inovasi itu diberi nama lomak yang berbentuk Supplement food dari limbah.

Hal ini diyakini dapat menjadi alternatif bagi masyarakat, khususnya peternak sapi dalam memberikan makanan yang berkualitas untuk ternaknya.

"Iya saya sekarang sedang melakukan penelitian pemanfaatan chlorella sp sebagai supplement food bagi ternak sapi. Chlorella ini saya pelihara dalam sebuah fotobioreaktor yang saya rancang sendiri dengan pupuk yang  berasal dari limbah cair pabrik kelapa sawit,"paparnya, Senin (24/7/2017).

Selain itu,  hal ini tentunya memiliki peran positif dalam mengeliminir limbah. Pasalnya Chlorella selain dapat menurunkan zat pencemar yg terdapat dalam limbah cair tersebut sekaligus juga sangat berperan dalam menyerap emisi karbon diudara yan menyebakan terjadinya panas global dan perobahan iklim.

Dengan langkah tersebut diyakini dapat bersinergi dengan semangat memerangi pemanasan global yang sudah semakin tak menentu  dewasa ini. Selain itu, keuntungan lainnya adalah menghasilkan oksigen bebas yang tentunya sangat penting bagi mahluk hidup.

Keistimewaan lainnya adalah inovasi lomak itu mengandung protein karbohidrat lemak vitamin dan mineral. Hal ini berguna bagi manusia dan hewan sebagai sumber makanan.

"Banyak keistimewaaanya. Karena itu itu sangat cocok digunakan sebagai supplement food bagi hewan ternak sapi. Supplement food ini saya beri nama Lomak yg insya Allah akan segera saya urus hak Patennya,"sambungnya lagi.(TR/MCR)