Minggu, 16 Desember 2018

Hingga November 2017, 323 Orang Terkena Gigitan Rabies di Pekanbaru

TOPRIAU, PEKANBARU— Kepala Dinas Kesehatan Dr Helda S Munir melalui Surya Delvifiria SKM selaku Kasi Pencegahan Penyakit Menular menghimbau masyarakat agar berhati – hati, karena Berdasarkan data yang dirangkum dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru saat ini korban yang terkena gigitan rabies sampai bulan November 2017 sebanyak 323 orang.

“Dari bulan Januari hingga November 2017.lalu sebanyak 323 orang yang terkena gigitan rabies. Sementara daerah yang paling banyak korbannya di Kelurahan Rejosari, Kecamatan Tenayanraya sebanyak 38 orang," ungkap Delfiria.

Delfiria menambahkan, bahwa jenis hewan yang mengigit antara lain kucing, anjing dan kera."Tapi yang paling tinggi hewan yang menggigit adalah anjing. Makanya harus berhati-hati jika melihat anjing agar jangan mendekatinya, karena sangat berbahaya," ujar Delfiria.

Lebih jauh dikatakan Delfiria, untuk menghindari agar tidak terkena gigitan rabies maka jika ada melihat hewan yang disebutkan diatas jangan diganggu dan didekati. Karena mana tahu hewan tersebut spontan mengigit dan akhirnya terkena rabies."Oleh sebab itu jauhilah hewan jika melihatnya. Hal.ini salah satu mencegah agar tidak terkena gigitan rabies. Selain itu, jangan juga menganggu hewan tersebut'" sebut Delfiria.

Terakhir Delfiria menambahkan, jika sudah terkena gigitan rabies maka cepatlah datang ke puskesmas terdekat untuk mengeceknya. "Karena akan diberikan suntik vaksin anti rabies. Selain itu, hewan tersebut dibawa ke dinas peternakan untuk diobservasi," tutup Delfiria (Kominfo/1).